Advertise Here

Muhamad Nurohim, S. Pd. I

- Another Blogger Blog's

Comments: (0)

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS VII ( TUJUH )  SEMESTER I (SATU)
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA

Madrasah  : MTs Ma’arif NU 01 Gandrungmangu
Kelas          : VII
Semester     : I (Satu)
KKM                   :

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
1.               Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan
            Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
à Mengindentifikasikan    besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan
à Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran


à Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana
            Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
à Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
à Membuat  termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume
à Membandingkan skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain
            Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari


à Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
à Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran
2.               Memahami kalsifikasi zat
            Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
à Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
à Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam




à Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
            Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
à Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu
            Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
à Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
à Menuliskan nama dan lambang unsur


à Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
à Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
            Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
à Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
à Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
à Mengelompokkan zat-zat  kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
3.               Memahami wujud zat dan perubahannya
            Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
à Menyelidiki perubahan wujud suatu zat
à Menafsirkan susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran
à Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan
à Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari
            Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari cair dan gas
à Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat




à Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal
            Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
à Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud zat
à Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
à Menyelidiki banyaknya  kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu at
à Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendididh dan melebur


à Menerapkan hubungan      Q = m.C. ∆t
      Q = m.U dan
      Q = m.L        
   untuk   meyelesaika  masalah sederhana
4.               Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
            Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
à Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia
à Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya
            Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia

à Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
à Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana
à Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, destilasi, penguapan dan sublimasi )
            Menyimpulkan perubahan  fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana
à Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia



à Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan
            Mengindentifikasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana
à Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan atau suhu
à Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan atau suhu